Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kediri mengenalkan materi digital marketing kepada siswa-siswi SMK Karya Wates. Menjadi serangkaian pelatihan yang diberikan oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Sarjana Manajemen Udinus Kediri, beberapa pekan lalu.

Kegiatan dengan nama ‘One Day Digital Bootcamp’, diikuti oleh 40 siswa dari sekolah yang berlokasi di Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Pelatihan berjalan dengan antusias, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan selama pelatihan pada Kamis (01/02/2024) lalu.

Ketua PKM, Mahadika Pradipta Himawan, SPar., MM., menyampaikan bahwa pengabdian ini sebagai upaya memberi wawasan baru kepada siswa-siswi. Sekaligus mengenalkan dunia perkuliahan melalui mata kuliah digital marketing.

“Materi yang diberikan mencakup pembuatan desain poster dan pembuatan video promosi produk. Digital marketing dipilih karena menjadi salah satu materi yang masih awam bagi siswa-siswi SMA/K dan sederajat,” jelasnya.

Pemaparan disampaikan oleh Tim PKM sekaligus dosen Program Sarjana Manajemen Udinus Kediri, Wana Pramudyawardana KN., SE., MBA. Materi yang disampaikan yaitu ‘Creative Content For Social Media Marketing’. Ia menjelaskan bahwa sebagian besar orang di Indonesia melakukan riset produk melalui media sosial.

“Untuk bisa memaksimalkan pemasaran di media sosial, hal penting yang harus diperhatikan antara lain tujuan, target pasar dan platform media sosial yang akan digunakan oleh masyarakat,” terangnya.

“Setelah ketiga hal itu ditentukan, selanjutnya memahami konten yang harus dibuat. Dimulai dari mempertimbangkan jenis konten, aset konten dan manajemen waktu hingga konten yang dibuat bisa diunggah,” imbuh Wana.

Sebelumnya, Tim PKM yang sama juga telah melakukan pelatihan kewirausahaan untuk mengelola produk dan mempromosikannya. Pelatihan itu diberikan kepada warga Desa Gadungan, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Bertujuan untuk untuk meningkatkan kekuatan ekonomi dan membangun semangat muda-mudi membuka usaha. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. PKM Udinus Kediri)