Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kediri turut mengisi Bulan Ramadan dengan berbagai kegiatan bermanfaat yang dirangkai dalam kegiatan ‘Gema Ramadan Udinus Kediri 1445 H’. Salah satu rangkaian kegiatan yang ada di dalamnya ialah Peringatan Nuzulul Quran yang berlangsung pada Rabu, 3 April 2024. Seluruh civitas academica mulai dari dosen, tenaga pendidik, hingga mahasiswa turut bersemangat meramaikan kegiatan ini.

Kegiatan Nuzulul Quran dibuka dengan sambutan dari Direktur PSDKU Udinus Kediri, Dr. Abdul Syukur. Dalam sambutannya, ia berterima kasih dan mengapresiasi seluruh hadirin yang memiliki tekad yang sama untuk mencari berkah Ramadan dan mencintai Al-Quran. Apalagi di momentum yang sangat tepat, yakni pada 10 hari terakhir Bulan Ramadan.

“Mudah-mudahan di 10 hari terakhir bulan suci ini, Allah memberikan rahmat dan keberkahan bagi kita semua. Hari ini kita memperingati turunnya Al-Quran yang menjadi pedoman, cahaya, petunjuk, dan pelipur lara kita saat susah. Dengan acara ini, semoga kita bisa memetik hikmah, pelajaran, dan hal-hal baik untuk selalu kita ingat dan terapkan,” ujarnya.

PERINGATAN NUZULUL QURAN TURUT WARNAI GEMA RAMADAN UDINUS KEDIRI

TAUSIYAH: KH. Zubadus Zaman Thoha saat memberikan tausiyah kepada civitas academica Udinus Kediri.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan qiroah oleh mahasiswa dan dimeriahkan penampilan rebana. Pada kegiatan tersebut turut mengundang KH. Zubadus Zaman Thoha, dari Pondok Pesantren Al Ishlah Bandar Kidul, Kota Kediri untuk menyampaikan tausiyah sebagai acara inti. 

Peserta sangat antusias dengan tausiyah yang disampaikan. Beberapa kali gelak tawa para peserta pecah karena pembawaan materi yang interaktif dan menyenangkan. Hal itu disampaikan oleh panitia pelaksana kegiatan Nuzulul Quran Kediri, Wana Pramudyawardana Kusuma Negara, S.E., MBA. “Penyampaian tausiyah yang disampaikan beliau sangat interaktif dan menarik. Beberapa kali peserta tertawa dengan materi tausiyah,” jelasnya.

Melalui kegiatan Peringatan Nuzulul Quran ini, ia berharap dapat menjadi wadah untuk mempererat tali silaturahmi civitas academica dan mewarnai rangkaian kegiatan bulan Ramadan di Kampus Udinus Kediri. “Harapannya, kegiatan ini sekaligus dapat meningkatkan iman dan taqwa di bulan Ramadan,” lanjutnya.

Buka bersama dan sholat maghrib berjamaah turut dilaksanakan sekaligus menjadi rangkaian acara penutup kegiatan tersebut. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. Udinus Kediri)