FOLLOW US
” Selamat datang di Website Program Studi Desain Komunikasi Visual (Kampus Kota Kediri) – Fakultas Ilmu Komputer – Universitas Dian Nuswantoro. Program Studi DKV Udinus Kediri jenjang Strata Satu (S1) atau program sarjana mendapatkan ijin penyelenggaraan program studi dari DIKTI bersamaan dengan surat keputusan Kemendikbud No. 7/E/O/2021 tertanggal 2 Februari 2021 tentang ijin pembukaan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Dian Nuswantoro Kediri. Program studi DKV Udinus Kediri ini mendapatkan akreditasi pertamanya yaitu Terakreditasi BAIK sesuai SK BAN-PT nomer 2680/SK/BAN-PT/Ak/S/VII/2023.
Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus menawarkan empat jalur peminatan bagi mahasiswa yaitu Desain Grafis, Advertising, Multimedia dan Game, serta Animasi. Program studi ini menyediakan lingkungan yang mendukung mahasiswa untuk dapat memperluas dan mengeksplorasi ide kreatif serta gagasan baru di bidang desain komunikasi visual. “
KENAPA BELAJAR DKV DI UDINUS KEDIRI?
- Satu-satunya Program Studi DKV di Karesidenan Kediri dan Sekitarnya
- Kampus UDINUS Kediri Berada di Pusat Kota Kediri.
- Tenaga Pengajar handal dan berpengalaman di bidang DKV, Multimedia, dan Kewirausahaan.
- Memiliki banyak kegiatan dalam pengembangan diri secara hardskill dan softskill di luar perkuliahan seperti komunitas Fotografi & Videografi, Seminar & Workshop Desain, dan pendampingan Prestasi Mahasiswa.
- Fasilitas Desain Lengkap dan Mumpuni seperti Lab Fotografi, Lab Gambar, Lab Komputer Grafis, dan Ruang Galeri.
PROFIL PROGRAM STUDI
VISI
Mengembangkan keilmuan Desain Komunikasi Visual yang unggul di bidang Multimedia Kreatif dan kewirausahaan dalam berkontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan dan kearifan masyarakat
MISI
| 1 | Menyelenggarakan pendidikan desain komunikasi visual yang berkualitas dan berwawasan global berbasis kreatifitas pada pengembangan teknologi multimedia dan kewirausahaan. |
| 2 | Melaksanakan penelitian di bidang desain komunikasi visual dan multimedia kreatif yang berorientasi pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dan tetap berpegang pada kearifan budaya lokal. |
| 3 | Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan mengimplementasikan keilmuan desain komunikasi visual dan multimedia kreatif dalam memberikan solusi bagi kebutuhan masyarakat dan industri. |
| 4 | Membangun kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam negeri maupun luar negeri, untuk menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan industri kreatif. |
PROSPEK KARIR
Periklanan Kreatif
Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam merumuskan strategi kreatif dan creative brief dalam proyek komunikasi merek, mengarahkan tim kreatif dalam menghasilkan ide, visual, dan pesan iklan yang relevan dan etis, dan mengadaptasi konsep iklan ke berbagai media dan teknologi digital.
- Art Director
- Copywriter
- Creative Director
- Advertising Photographer
- Videographer / Commercial Video Producer
- Campaign Strategist
- Konsultan Desain / Biro Iklan
Desain Grafis
Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan menghasilkan karya visual yang komunikatif, inovatif, dan sesuai konteks audiens; menerjemahkan design brief menjadi rancangan visual efektif untuk media cetak maupun digital; dan mengintegrasikan prinsip desain dengan strategi komunikasi merek dan pesan promosi.
- Graphic Designer
- Brand Identity Designer
- Illustrator
- Corporate Visual Designer
- Environmental Graphic Designer
- Creative Consultant
- Creativepreneur
Multimedia Kreatif
Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengembangkan karya multimedia interaktif yang komunikatif dan menarik; menguasai perangkat teknologi audio-visual, animasi, dan editing digital; dan menerapkan prinsip desain dan storytelling visual pada media dinamis.
- Multimedia Designer
- Animator (2D/3D)
- Motion Graphic Artist
- Video Editor
- Digital Content Designer
- Game Artist
- Interactive Media Developer
Desain Media Imersif
Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan merancang sistem visual dan interaktif yang intuitif, estetis, dan berorientasi pengguna; menerapkan prinsip desain komunikasi dan user experience dalam platform digital; dan mengembangkan media imersif yang menggabungkan elemen visual, audio, dan interaktivitas.
- UI/UX Designer
- Interaction Designer
- Game Interface Designer
- AR/VR Experience Designer
- Immersive Media Artist
KURIKULUM
Sebagaimana pengembangan kurikulum Program Studi Desain Komunikasi Visual di Kampus Udinus Semarang, maka kurikulum yang sama diterapkan di Program Studi Desain Komunikasi Visual (Kampus Kota Kediri) yaitu kurikulum 2025 berbasis OBE. Kurikulum dikembangkan sesuai dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi informasi terkini. Hal ini juga didasari dari masukan stakeholder pengguna lulusan dan perkembangan keilmuan bidang desain komunikasi visual menurut Asosiasi program studi Desain Komunikasi Visual (Asprodkv) Indonesia. Kebijakan MBKM atau yang saat ini disebut dengan Kampus Berdampak tetap diterapkan untuk memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan hak pembelajaran di luar kampus dalam meningkatkan kompetensinya dan atau mengimplementasikan ipteks yang dimiliki dalam kegiatan riset maupun pemberdayaan masyarakat demi kemajuan bangsa dan negara.
SEBARAN MATA KULIAH
| No | Kode Makul | Makul | Unduh |
| 1 | F14.37101 | Tipografi | Download |
| 2 | F14.37102 | Nirmana | Download |
| 3 | F14.37103 | Pengantar Desain Komunikasi Visual | Download |
| 4 | F14.37104 | Sketsa | Download |
| 5 | F14.37105 | Penulisan Kreatif | Download |
| 6 | F14.37106 | Keterampilan Presentasi | Download |
| 7 | U201701 | Dasar Kewirausahaan | Download |
| 8 | U201704 | Pengantar Teknologi Informasi | Download |
| 9 | AF201704 | Dasar-Dasar Komputasi | Download |
| No | Kode Makul | Makul | Unduh |
| 1 | F14.37201 | Tipografi Aplikatif | Download |
| 2 | F14.37202 | Gambar Bentuk & Figur | Download |
| 3 | F14.37203 | Grafis Komputer | Download |
| 4 | F14.237204 | Strategi Komunikasi | Download |
| 5 | F14.23205 | Estetika Desain | Download |
| 6 | F14.37206 | Tinjauan Desain | Download |
| 7 | F14.37207 | Reprografika | Download |
| 8 | AF201703 | Technopreneurship | Download |
| No | Kode Makul | Makul | Unduh |
| 1 | F14.37301 | Desain Informasi | Download |
| 2 | F14.37302 | Fotografi Dasar | Download |
| 3 | F14.37303 | Psikologi Persepsi | Download |
| 4 | F14.37304 | Kritik Desain | Download |
| 5 | F14.37305 | Ilustrasi | Download |
| 6 | F14.37306 | Desain Antarmuka / Pengalaman Pengguna | Download |
| 7 | F14.37307 | Desain Publikasi | Download |
| No | Kode Makul | Makul | Unduh |
| 1 | F14.37501 | Desain Persuasi Sosial | Download |
| 2 | F14.37502 | Penceritaan Visual | Download |
| 3 | F14.37503 | Produksi Audiovisual | Download |
| 4 | F14.37504 | Teori Periklanan | Download |
| 5 | F14.37505 | Fotografi Komersial | Download |
| Makul Pilihan | |||
| 6 | F14.37506 | Proyek Tata Visual Produk | Download |
| 7 | F14.37507 | Proyek Media Imersif | Download |
| 8 | F14.37508 | Proyek Desain Produk | Download |
| 9 | F14.37509 | Proyek Game | Download |
| 10 | F14.37510 | Proyek Desain AI Generatif | Download |
| No | Kode Makul | Makul | Unduh |
| 1 | F14.37601 | Desain Persuasi Komersial | Download |
| 2 | F14.37602 | Grafis Bergerak | Download |
| 3 | N201707 | Pendidikan Pancasila | Download |
| 4 | N201701 | Bahasa Indonesia | Download |
| 5 | AF201702 | Literasi Informasi | Download |
| Makul Pilihan | |||
| 6 | F14.37603 | Proyek Konten Kreatif | Download |
| 7 | F14.37604 | Proyek Grafis Lingkungan | Download |
| 8 | F14.37605 | Proyek Desain Kemasan | Download |
| 9 | F14.37606 | Proyek Animasi | Download |
| No | Kode Makul | Makul | Unduh |
| 1 | F14.37701 | Kolokium | Download |
| 2 | F14.37702 | Kerja Praktek | Download |
| 3 | F14.37703 | Bimbingan Karier | Download |
| 4 | F14.37704 | Manajemen Desain | Download |
| 5 | F14.37705 | Etika profesi | Download |
| 6 | N201702 | Bahasa Inggris | |
| 7 | N201705 | Pendidikan Agama | |
| 8 | N201706 | Pendidikan Kewarganegaraan | |
| JALUR KKI | |||
| 1 | F14.37706 | Kuliah Kerja Industri | |
| 2 | F14.37707 | Portofolio Industri | |
| 3 | F14.37708 | Manajemen Desain Industri | |
| 4 | F14.37709 | Etika profesi Industri |
AKADEMIK
Berikut adalah panduan akademik bagi mahasiswa prodi DKV Udinus Kediri
TIM DOSEN

Khamadi, S.Sn, M.Ds
Ketua Program Studi

Dr. Ichwan Setiarso, SE, MP
Dosen

Dr. Rahmawati Zulfiningrum, M.I.Kom
Dosen

Annas Marzuki Sulaiman, M.Sn
Dosen

Ir. Siti Hadiati Nugraini, M.Kom, Ph.D.
Dosen

Ahmad Akrom, S.Sn, M.Kom
Dosen

Dr. Daniar Wikan Setyanto, M.Sn
Dosen

Gilang Rizky Gardianto, S.Ds, M.M
Dosen

Affandy, M.Kom., Ph.D.
Dosen

Adhitya Candra Irawan, M.Sn
Dosen
PROGRAM UNGGULAN
MAGANG & STUDI INDEPENDEN BERSERTIFIKAT

PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA

SEMINAR & WORKSHOP AKADEMIK RUTIN

PORTOFOLIO
PRESTASI
KARYA MATA KULIAH
MAHASISWA
BIRO DKV
Biro DKV Udinus Kediri merupakan organisasi atau himpunan mahasiswa dkv udinus kediri sebagai wadah bagi pengembangan diri dan organisasi mahasiswa yang aktif berkontribusi bagi almamater, masyarakat, bangsa dan negara. Dalam menjalankan fungsinya, Biro DKV Udinus Kediri memiliki beberapa kegiatan yaitu:
- CYMK (Creative Young Master Kediri)
- DKVHORIA yaitu Pameran Angkatan
- PPKOrmawa yaitu kegiatan Pemberdayaan Masyarakat
Adapun detail kegiatan dapat dilihat di sini.
KOMUNITAS
Komunitas Fotografi dan Sinematografi RAGANYALA

info kegiatan Raganyala silahkan follow akun instagramnya di sini
PAMERAN
- Pameran Akhir Semester (PAMUNGKAS)
- Pameran Angkatan
- Pameran Tugas Akhir
klik di sini untuk melihat pameran
BERITA
Program Studi DKV Udinus Kediri memiliki berbagai kegiatan dalam rangka pengembangan prodi, pengembangan prestasi mahasiswa, penguatan kompetensi mahasiswa dan dosen, pengembangan kerjasama program studi, dan kegiatan yang dilakukan di lingkup prodi baik di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
